- Pencarian Google:gambar-rumah-idaman com (1830)sketsa rumah idaman (366)denah rumah 8x12 (340)desain rumah 8x12 (215)denah rumah ukuran 8x12 (185)rumah ukuran 8x12 (180)desain rumah ukuran 8x12 (164)denah rumah 8 x 12 (162)teras depan rumah minimalis (108)rumah 8x12 (105)Posts related to desain awal sendiriventilasi silanglampu di kamar mandiruang tidurpenghawaan ruang tidur. DESAIN UMUM" /> -->
Home » DESAIN UMUM » desain awal sendiri

desain awal sendiri

25 October 2010

TIPS MENDISAIN RUMAH TINGGAL SENDIRI SEBELUM DISERAHKAN ARSITEK

sketsa desain awal

Sekarang saya memposisikan diri sebagai klien yang akan mendisainkan rumah ke arsitek. Saya akan membagi zona pembagian ruangan sbb :

Zona Publik ( biasanya digunakan oleh keluarga & non keluarga):

Ruang Tamu, Carport (Garasi) dan Teras depan.

Zona Semi Publik ( biasanya digunakan oleh keluarga saja ):

Ruang Keluarga, Ruang Makan, Perpustakaan , Taman dan Teras Dalam jika ada.

Zona Private ( biasanya digunakan oleh keluarga saja yg sifatnya lebih privat ):

Ruang Tidur, Kamar Mandi dan WC.

Zona Service (ruang pelayanan ):

Dapur, Ruang Cuci dan Ruang Jemur.

Tujuan adanya pembagian zona agar tidak terjadi bercampurnya atau kesimpangsiuran aktifitas di dalam rumah. Seperti misalnya: Ruang Tidur (Zona Private) tidak baik bila berdekatan dengan ruang yang ber Zona Publik seperti Ruang Tamu yang mempunyai akses orang-orang yang bukan anggota keluarga. Maka Ruang Tidur paling baik berdekatan dengan ruang-ruang yang ber Zona Semi Publik seperti Ruang Keluarga atau Ruang Makan.

Selain membuat zona berdasarkan sifat ruangan, saya kelompokkan juga zona berdasarkan kebutuhan akan sinar matahari / angina dan sejenisnya.

Contohnya :

Ruang-ruang yang mempunyai akses langsung dari luar seperti: Garasi atau Carport dan Ruang Tamu.

Ruang-ruang yang membutuhkan lebih banyak sinar matahari dan pertukaran hawa misalnya: Ruang Tidur, Dapur, dan Kamar Mandi.

Lalu yang perlu diperhatikan lagi adalah menentukan lokasi ruang-ruang yang bersifat basah seperti ; Dapur, Kamar Mandi, WC dan Tempat Cuci. Usahakan ruang-ruang ini berdekatan atau dalam satu jalaur agar memudahkan pemasangan instalasi air bersih dan air kotor.

Dan, yang harus benar-benar lurus adalah jalur buangan WC menuju Septic Tank, walaupun harus menembus pondasi-pondasi yang melintang atau menghalangi.
Bila rumah bertingkat, sebaiknya Kamar Mandi atas berada di atas Kamar Mandi bawah. Dan jangan sampai meletakkan Kamar Mandi atas di atas Dapur atau Ruang Makan. Secara psikologis saja akan kurang nyaman bila memasak atau makan di bawah sementara di atas tempat membuang sisa makanan.

Untuk lebih mudahnya, biasanya saya akan mencoret di kertas millimeter ( millimeter block) dengan menggambarnya sesuai skala : misalnya 1 meter diwakili oleh 1cm (1:100), berdasarkan pembagian zona sebisa saya. Seperti layaknya main “puzzle”, terkadang (hsmpir selalu) satu kali coretan tidak bisa langsung jadi.

Bila dirasa semua keinginan saya sudah terwakili di sketsa itu,..baru saya akan menyerahkan  ke arsitek pilihan saya , kerja arsitek sudah bisa lebih mengarah, sehingga  proses desain lebih cepat selesai, rumah cepat bisa dibangun dan ditempati dengan nyaman.

Pencarian Google:

DESAIN UMUM

2 Comments to “desain awal sendiri”

  1. Pak mau minta tolong nich..saya mau merubah tampilan rumah minimalis tampak depan saja, sedangkan dalamnya tetap. lebar anah yang sudah ada bangunan 10 m.
    trims pak

  2. Bapak / Ibu yg terhormat, minta tolong untuk dibuatkan design rumah dg spesifikasi/ruangan yg dibutuhkan sbb :
    - Kamar tidur utama 1 bh ukuran(4×4)m2
    - Kamar tidur anak 2 bh ukuran(3×3)m2
    - Ruang tamu
    - Ruang Keluarga
    - Carport
    - Kamar Mandi & WC
    - Dapur
    - Ruang Sholat / Musholla
    - Teras depan.
    - Ruang Cuci dan Ruang Jemur.
    - Taman dan Kolam
    Ukuran tanah yg saya miliki : pxl = 50×12 m2
    (lebar tanah (12m) menghadap jalan)
    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

Leave a Reply

(required)

(required)


You might also likeclose